home Property Ini 5 Tempat Paling Kotor di Dapur!

Ini 5 Tempat Paling Kotor di Dapur!

Salah satu bagian rumah yang memegang peranan yang penting bagi Anda dan kelaurga adalah dapur. Hal ini dikarenakan fungsi dari dapur itu sendiri yang merupakan tempat memasak. Sekaligus juga dapur berdampak pada kualitas makanan yang dihasilkan dari dapur itu sendiri. Tak hanya sebagai tempat pembuatan makanan, Anda pun terkadang sering menyimpan makanan di dapur. Tentunya, kesehatan dan kebersihan dari makanan juga berdampak dari kesehatan lingkungan itu sendiri, yaitu dapur. Tapi sayangnya, kebersihan dari dapur ini jarang sekali diperhatikan secara khusus. Padahal, Anda juga perlu mengetahui tentang tempat-tempat yang paling kotor di dapur Anda. Tempat-tempat itu menjadi sarang kuman yang tentunya harus Anda segera bersihkan. Intip tempat apa saja yang paling kotor di bawah ini!

  1. Talenan

Papan yang bisa terbuat dari kayu atau dari plastik ini biasanya tentu digunakan untuk memotong daging. Nah, setiap bekas atau ruas yang dihasilkan dari gesekan dan tekanan dari pisau tersebut tentunya akan meninggalkan lubang di permukaan talenan tersebut. Lubang tersebut tak kasat mata, sehingga mungkin saja Anda tidak menyadarinya. Namun ternyata, di balik goresan-goresan tersebut banyak tersembunyi bakteri yang masuk dan berkembang biak di dalamnya.

Karena itu, jika Anda hanya membilasnya dengan air, tidak akan cukup bersih. Anda perlu melakukan perhatikan ekstra dengan menyikatnya dengan sikat yang berukuran kecil, misalnya sikat gigi. Kemudian, segera keringkan talenan setelah mencucinya agar tidak lembap. Bedakan juga talenan yang digunakan untuk mengiris bahan mentah dan bahan yang sudah matang.

  1. Wastafel dapur

Saat sedang mencuci piring, mungkin kadang banyak sisa makanan yang tertinggal dan menempel di pinggiran westafel. Sisa makanan ini tentu menjadi salah satu sumber bakteri. Setelah mencuci piring, biasakan juga untuk membersihkan westafel dapur dengan sabun. Bilas dengan air bersih yang mengalir. Jika terjadi kerusakan pada pompa air di dapur rumah Anda, segera cari jasa service pompa air agar cepat diperbaiki dan bisa berfungsi dengan normal.

  1. Kain Lap

Biasakan untuk rutin mencuci kain lap dapur. Jika Anda cukup jarang menggunakan dapur, cukup sekitar dua sampai tiga hari sekali saja. Tetapi jika Anda sering sekali beraktivitas di dapur, cucilah setiap hari atau maksimal dua hari sekali. Pastinya, lap dapur tersebut sangat kotor karena Anda gunakan untuk mengelap berbagai macam permukaan. Mulai dari kompor, keramik dapur, atau air yang tumpah. Bahkan, lap dapur juga sering kali terpapar minyak atau bahan makanan lain yang tak kalah kotor. Apalagi, Anda memegang lap tersebut dengan tangan Anda yang mana bakteri dan kotoran tersebut akan ikut berpindah ke tangan Anda.

  1. Pisau

Jika talenan termasuk salah satu bagian di dapur yang kotor, begitu pula halnya dengan pisau dapur. Apalagi yang Anda gunakan untuk memotong bahan mentah seperti daging. Bahan mentah tersebut sangat rawan sebagai perkembangbiakan bakteri. Karena itu, sama seperti talenan, bedakan pisau berdasarkan penggunaannya agar tidak terjadi perpindahan bakteri. Pisahkan pisau yang digunakan untuk memotong daging, sayuran, buah dan makanan yang sudah matang.

  1. Spons

Kondisi permukaan spons cuci piring yang basah atau terendam oleh sabun bukannya membuat spons jadi bersih, malah ternyata membantu bakteri berkembang biak lebih cepat. Karenanya, segera cuci kembali spons sampai bersih dan tidak meninggalkan sabun setelah digunakan dan biarkan mengering.

Please Share Ya 🙂 Thanks

shares