home Lifestyle 6 Unsur Berita yang Ada dalam Berita Harian Bentuk Bacaan

6 Unsur Berita yang Ada dalam Berita Harian Bentuk Bacaan

Sebuah berita yang baik, baik itu berita yang bisa Anda temukan di media cetak ataupun media daring haruslah memiliki unsur berita yang baik pula. Anda bisa menemukan struktur yang baik ini dalam berita harian yang sering Anda lihat di mana saja. Ada banyak pendukung berita agar menjadi lebih baik. Salah satunya adalah unsur berita.

Dengan adanya unsur berita ini, berita yang Anda dapatkan akan terasa nyata dan tidak mengada-ada. Dengan begitu, berita tersebut bisa disampaikan pada pembacanya dengan baik dan diterima baik pula. Lalu, sebenarnya apa saja unsur pendukung berita agar menjadi sebuah berita yang baik dan bisa ditemukan di mana saja, salah satunya dalam bentuk teks?

  1. What

Unsur yang menjadikan sebuah berita menjadi baik dan layak serta sesuai dengan fakta adalah unsur what atau tentang apa. Apa inti dari berita tersebut ada dalam unsur yang satu ini. Misalnya Anda menemukan sebuah berita mengenai kecelakaan yang terjadi pada suatu tempat.

Unsur what yang ada dalam berita ini tentu saja adalah kecelakaan tersebut. Anda tak bisa mengatakan bahwa ini adalah berita mengenai kecelakaan bila tak ada unsur ini padanya. Tak bisa juga mengatakan bahwa berita mengenai bidang politik adalah berita politik bila tak ada unsur pembahasan yang tepat dan fokus.

  1. Who

Unsur berikutnya adalah who atau siapa. Dalam sebuah berita, misalnya berita mengenai kecelakaan tadi, pastinya akan disebutkan siapa saja yang terlibat. Misalnya peristiwa itu melibatkan dua kendaraan yang dilajukan si A dan si B. Pada peristiwa pembunuhan, ada si tersangka dan korban. Inilah yang menjadi pendiri dari unsur yang satu ini.

  1. Where

Unsur ketiga dalam sebuah berita harian terbaru yang biasa Anda saksikan adlaah unsur where atau di mana. Berita yang baik pastinya menunjukkan di mana peristiwa yang diberitakan terjadi. Misalnya ada berita mengenai gunung meletus. Dalam berita tersebut, pasti disebutkan di mana letak gunung tersebut dan daerah mana saja yang terkena dampak.

  1. Why

Berikutnya ada unsur why atau kenapa atau alasan di balik kenapa kejadian yang diberitakan itu terjadi. Misalnya saja untuk berita mengenai kejadian pembunuhan. Di dalam berita tersebut, pastinya dijelaskan alasan atau motif kenapa si tersangka tega membunuh si korban. Contohnya saja karena dendam atau alasan lainnya yang bisa Anda temukan di berita harian.

  1. When

Unsur kelima adalah when atau kapan. Unsur yang satu ini merujuk pada waktu kejadian suatu peristiwa. Pada berita yang menampilkan kecelakaan misalnya, di dalam berita tersebut pasti akan dijabarkan kapan peristiwa tersebut terjadi. Contohnya saja pada jam sekian atau saat hari libur besar.

  1. How

Terakhir ada how atau unsur bagaimana. Biasanya, unsur ini menjelaskan duduk kronologis dari peristiwa tersebut. Suatu peristiwa akan dijelaskan secara logis dan faktual. Penjabarannya akan dilakukan dengan sangat detail. Misalnya saja ada peristiwa perampokan. Pada unsur ini akan dirunut dari memulai aksi hingga penangkapan pelaku.

Mungkin Anda selama ini sudah mengetahui mengenai unsur pendukung dari berita yang sering Anda baca di berita harian. Hanya saja, Anda belum menyadari unsur-unsur tersebut sangat penting dalam mendukung berita agar menjadi berita yang baik. Selain memenuhi unsur tersebut, berita yang baik harusnya juga menampilkan berita yang lengkap dan jelas.

Please Share Ya 🙂 Thanks

shares