home Lifestyle 4 Sebab Utama Kenapa Susu Formula Boleh Dicampur Madu

4 Sebab Utama Kenapa Susu Formula Boleh Dicampur Madu

Ketika susu formula dicampur dengan madu, sebetulnya itu bukan termasuk susu yang dioplos. Susu yang dioplos lebih condong pada jenis susu yang berbeda, kemudian digabungkan menjadi satu kesatuan. Padahal susu yang dicampur dengan madu sangat bagus dan menyehatkan untuk pertumbuhan bayi Anda. Terlebih bahan alami seperti madu sudah sangat terkenal akan manfaatnya. Apa sih sebabnya susu boleh dicampur madu?

  1. Tidak Menyebabkan Efek Samping

Alasan pertama kenapa madu boleh dicampur dengan susu karena tidak adanya efek samping yang ditimbulkan. Berbeda dengan rata-rata susu oplosan yang lebih sering menimbulkan perasaan tidak nyaman pada bayi. Bahkan bisa cenderung berbahaya apabila salah satu bagian dari susu oplosan itu sudah melewati masa pakai atau kedaluwarsa.

Ketika bayi yang mengonsumsi campuran madu dan susu itu muntah-muntah atau bahkan diare, sebetulnya dikarenakan sebab lain. Misalnya karena kebetulan atau memang tidak cocok dengan susu pengganti yang Anda berikan. Jadi bukan akibat oleh madu. Saran terbaiknya tentu saja diganti dengan susu dengan merek yang lebih cocok pada anak Anda.

  1. Madu Bagus untuk Saluran Pencernaan Anak

Alih-alih dianggap jadi sumber penyakit, madu justru bisa mengembalikan kesehatan pencernaan anak Anda. Tapi tentu saja pengobatan dengan madu yang dicampur susu ini tidak berjalan instan, melainkan perlahan-lahan. Ketika minum susu dengan campuran madu sering dilakukan, maka anak tidak akan mudah terserang penyakit lagi.

Seperti halnya dengan penyakit mencret atau mulas. Bahkan berkat kehadiran madu, potensi keracunan akibat salah konsumsi makanan bisa dinetralisir dengan baik. Tidak ada rentang usia tertentu yang dibolehkan mengonsumsi campuran madu dan susu. Semua anak, boleh mengonsumsinya.

  1. Madu itu Sumber Makanan yang Sangat Lembut

Pada bayi, atau yang terentang usia di bawah 1 tahun, kekebalan tubuhnya belum begitu aktif. Alhasil, makanan atau minuman yang masuk tubuh harus lembut dan higenis. Soalnya saluran pencernaannya masih sangat labil dan sensitif. Ketika makanan yang ditelan itu berbahaya, sistem imun yang ada pada lambung tidak bisa berbuat banyak.

Nah, madu yang dikonsumsi bareng dengan susu telah memenuhi kriteria tersebut. Tekstur madu sangat lembut sehingga mudah dicerna oleh lambung. Selain itu, madu juga memiliki sumber nutrisi yang setara dengan intisari makanan dan minuman bergizi. Ketika dipadu dengan susu pengganti, maka Anda tidak perlu lagi memberinya tambahan makanan.

  1. Campuran Madu dan Susu Mengandung Antiseptik

Inilah yang tidak kalah pentingnya dengan sebab-sebab di atas. Antiseptik selalu berperan aktif dalam melindungi tubuh anak dari berbagai serangan penyakit. Khususnya yang timbul akibat aktivitas bakteri dalam tubuh. Soalnya antiseptik itu sama dengan anti bakteri. Bahkan berkat kandungan ini, rambut pada anak yang rusak bisa pulih dengan cukup cepat.

Tapi perlu digaris-bawahi, bahwa madu yang digunakan atau yang boleh dicampur hanyalah madu asli. Kebanyakan, madu yang beredar di lingkungan masyarakat itu sudah dicampuri dengan macam-macam cairan lainnya. Terutama yang sudah dikemas dan dibanderol dengan harga yang murah. Alangkah baiknya Anda mendatangi penjual madu alami saja.

Susu formula yang dicampur dengan madu juga bisa membuat anak lebih aktif dan cerdas. Hal inilah yang seharusnya menjadi perhatian bersama daripada mengurusi anggapan keliru tentang campuran madu dan susu. Lagi pula, madu alami itu biasanya tidak mengandung bakteri sama sekali. Soalnya tidak ada bakteri yang suka dengan madu.

Please Share Ya 🙂 Thanks

shares